top of page
Search
  • popopoungu

INFORMASI MAKANAN KHAS INDONESIA YANG LEZAT

Indonesia memiliki banyak suku dari Sabang hingga inter188.org. Salah satunya adalah suku Betawi. Betawi umumnya tinggal di Jakarta. Betawi memiliki beragam adat dan budaya. Selain itu Betawi memiliki beragam spesialisasi yang terkenal dan lezat.


Mulai dari makanan berupa kue ringan hingga makanan berat yang bisa Anda makan bersama nasi. Makanan yang beragam disukai oleh wisatawan lokal dan asing. Anda yang suka bermain jangan lewatkan untuk mencicipi makanan lezat ini.


Sayur Babanci




Sayanc Babanci adalah makanan khas Betawi yang selalu hadir di acara-acara khusus. Terbuat dari sayuran, daging sapi, kelapa muda dan petai dan saus pedas, makanan ini sangat menendang lidah. Namun sayangnya, sekarang makanan ini sudah sulit ditemukan.


Selendang Mayang


Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Selendang Mayang adalah makanan ringan khas Betawi yang sekarang sulit ditemukan. Tidak banyak orang menjual makanan ringan yang disajikan dengan santan dan es serut, meskipun rasanya sangat enak dan dapat menghilangkan rasa haus.


Sayuran Gabus Pucung


Seperti namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus yang dimasak dengan rempah-rempah seperti ketumbar dengan saus sayuran yang sangat istimewa terbuat dari daun salam, serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, tomat, jeruk nipis, bawang, bawang merah dan tentu saja cabai rawit. Nah, rasa asam dan pedas yang disatukan menambah embusan daging ikan gabus.


Nasi Ulam


Jika sebagian besar dari Anda hanya tahu nasi goreng, maka Anda harus mencoba nasi ulam Betawi ini. Bahan dasarnya tentu saja nasi, tetapi nasi dikukus dengan bumbu-bumbu seperti daun salam, serai dan lengkuas. Setelah serundeng itu akan dicampur dengan nasi putih.


Soto Tangkar


Pencinta soto sebaiknya mencoba soto tangkar jenis sawi. Tidak seperti soto lainnya, yang biasanya hanya menggunakan ayam atau sapi, soto tangkar menggunakan iga sapi. Rasa gurih dengan campuran bumbu membuat soto ini banyak dicari. Namun ternyata sekarang sup ini cukup sulit ditemukan.


Kerak telur


Makanan khas Betawi ini dikenal karena rasanya yang gurih. Terbuat dari telur ayam atau bebek, ketan putih, ebi dipanggang menyerupai abon, kemudian ditambahkan bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa bakar. Kerak telur adalah salah satu makanan paling populer dan favorit bagi penduduk Jakarta.


Semur Jengkol


Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang masih populer di masyarakat Jakarta. Meskipun makanan ini memiliki bau khas dan tidak semua orang menyukainya. Karena, Jengkol, yang dimasak dengan berbagai bumbu khas, membuat jengkol, yang awalnya terasa pahit, enak dan kencang di lidah. Anda bisa menjadikan sup jengkol ini sebagai lauk dengan nasi putih. Anda begitu terkenal, Anda bisa menemui warung jengkol ini di berbagai restoran di seluruh Indonesia.





Asinan Betawi


Jika Anda mengunjungi Jakarta, tidak ada salahnya mencicipi makanan Betwai khusus ini. Karena Anda dapat dengan mudah menemukan acar Betawi karena ada begitu banyak penjual gerobak acar di sepanjang jalan-jalan Jakarta. Asinan Betawi sendiri adalah campuran dari berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kol, kecambah, tahu, sawi, selada, ditambah bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai.


Akhirnya ditaburi dengan kacang tanah dan bisa dimakan dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mie bundar, biasanya kerupuk ini dihancurkan dan ditaburkan di acar. Meskipun disebut acar, jangan salah karena makanan ini tidak terasa asin sama sekali tetapi segar dan cocok untuk dimakan di siang hari.


Soto Betawi


Makanan ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan menu sup. Soto Betawi adalah makanan Betawi terkenal lezat dan populer. Soto ini biasanya menggunakan jeroan seperti hati, paru-paru, babat, dan organ sapi lainnya. Saus sotonya terbuat dari campuran susu dan santan yang tentunya membuat rasanya begitu khas dan lezat. Soto ini sangat cocok untuk menambahkan emping dan nasi yang masih hangat.


Lontong atau Kupat Sayur


Anda tidak akan kesulitan menemukan lontong sayur di Jakarta, karena makanan ini masih sangat populer dan memberikan ciri khas budaya Betawi. Pada awalnya kue beras sayur Betawi ini hanya akan hadir saat perayaan Idul Fitri. Lontong atau kupat disiram dengan santan dengan campuran perisa Betawi. Sayuran biasanya menggunakan sayuran labu atau dapat menggunakan irisan pepaya muda. Akan lebih lezat jika Anda menambahkan kerupuk dan ayam suwir.


Gado-gado Betawi


Gado-gado adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Betawi. Anda dapat menemukan makanan ini tidak hanya di Jakarta, karena makanannya begitu lezat sehingga telah menyebar di berbagai kota lain. Makanan dalam bentuk sayuran rebus, kentang, lontong atau ketupat, dan telur rebus ditambah dengan bumbu.



8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page